Halo sobat blogger
Nah , kali ini saya akan share tentang profil PENITI



Apa sih PENITI itu ? Kenapa namanya PENITI ? Organisasi tentang apa PENITI itu ?.
Untuk lebih tahu penjelasannya maka disimak baik baik ya..

PENITI, kependekan dari Pencinta Teknologi Informasi, sebuah nama yang diberikan oleh sekumpulan anak remaja SMA pada hari Sabtu, tanggal 7 Juni 2008 di Laboratorium TIK SMAN 11 Surabaya.
Sebelumnya, sudah bernama kampung blog, akan tetapi karena pertimbangan teknis terkait kesamaan nama dan hal lain akhirnya nama PENITI digunakan sebagai nama baru komunitas. Peniti adalah bayi yang tidak begitu saja lahir, embrionya sendiri sudah ada sejak 2006 dan direfleksikan pada 2007 melalui para perintisnya melalui kegiatan blogging, perakitan dan maintenance komputer, dan masih banyak lagi… penuturan Gempur Abdul Ghofur, Pendiri PENITI. Pada perkembangannya, Peniti lahir, tumbuh dan besar seiring dinamika para pegiatnya yang kini menjadi para profesional di berbagai bidang. Pegiat Peniti dari sejak berdiri hingga sekarang terus bertambah banyak, tidak lagi berbasis anak remaja SMA tapi sudah menjadi pemuda-pemuda kreatif di berbagai bidang tapi tetap dengan satu identitas dan satu kesamaan: “mencintai teknologi informasi” dalam menopang kehidupan sehari-hari. Kegiatan Peniti sudah tak terhitung banyaknya, awalnya hanya perakitan komputer dan perawatannya, berlanjut ke kegiatan online dalam bentuk blogging dan pengembangan open source di sektor pendidikan. Mengadakan pelatihan-pelatihan internal dan mengikuti berbagai kegiatan di luar seperti workshop, seminar, kompetisi dan banyak kegiatan lain yang melebur bersama komunitas-komuitas online di Kota Surabaya dan sekitarnya. Beberapa hal besar yang pernah dilalui Peniti di antaranya menjuarai kompetisi web tingkat nasional yang mengangkat nama lembaga, ikut serta membidani kelahiran komunitas blogger Tugu Pahlawan Surabaya, terlibat aktif dalam kelahiran Blogger Nusantara dari sejak awal beridirinya
Tak terasa sudah 3 tahun lebih Komunitas Peniti berdiri dan bereksistensi di tengah masyarakat. Komunitas PENITI ini adalah sebuah organisasi yang berawal dari aktivitas menulis sekumpulan siswa dan Guru SMAN 11 Surabaya dimotori oleh Pak Gempur, Mas Anas, Mas Unis, Mas Teguh Nfath, dkk di blog yang kala itu masih kental dengan platform Blogger dan Blogsome.

PENITI itu memiliki even yang menarik dan bagus loh, yaitu :

Acara ini menjadi salah satu memori paling fenomenal di SMA Negeri 11 Surabaya kala itu, dimana beberapa anggota KampBlog, yaitu Eblin Shopiga, Dewi Arimbi, dan saya sendiri berhasil mendapatkan juara I, III, dan harapan I pada acara tersebut. Beberapa jam setelah acara usai, kami digemparkan dengan salah satu tulisan dari salah satu kontestan, Pandu, dimana ia secara terang terangan memprotes keras hasil akhir penilaian melalui tulisan pada blognya karena blog – blog yang dianggap sebagai juara diduga melakukan plagiarisme tanpa menyebutkan sumber artikel. Kala itu, memang kami minim pengetahuan mengenai etika dan cara menulis artikel dengan baik dan benar, sehingga tanpa sadar kami melakukan hal yang dianggap sebagai plagiarisme. Beberapa hari kemudian, kami semua meminta maaf secara tertulis atas kejadian ini pada teman – teman di dunia maya.
Beberapa anggota KampBlog kala itu juga berhasil memperoleh juara di lomba Web Design yang diadakan di Universitas Widya Mandala tahun 2008. Dua tim yang lolos, Mirza Eka Pramudita dan Shefti Lailatul Latiefah, serta Idriz Ibnu Malik dan Dirga Mahardika Putra memperoleh penghargaan dari penyelenggara.
3.  Undangan Rapat tanggal 7 Juni 2008
Undangan rapat ini merupakan moment bersejarah bagi Peniti, dimana para anggota dan pengurus KampBlog kala itu mengadakan rapat untuk merumuskan pengembangan Komunitas di masa depan. Dimulai dengan perubahan nama yang diusulkan oleh Pak Gempur, kami semua mencoba untuk memikirkan nama pengganti KampBlog dengan pertimbangan bahwa komunitas akan menaungi lebih daripada blog di masa depan. Akhirnya, nama PENITI yang memiliki kepanjangan “Pecinta TI” pun dipilih karena dirasa cocok untuk digunakan dalam cakupan yang lebih luas. Nama PENITI ini diambil dari usulan Shefti Shei Latifah. Sejak saat itulah 7 Juni 2008 dikenang sebagai hari lahir Komunitas PENITI.
4. Buka bersama PENITI 1431H, 21 Juli 2013
Yaaaa aku nggak bisa jelasin lebih detail lagi karena waktu itu aku nggak ikut dalam acara ini, maklum lahh aku kan pendatang baru di SMAN 11 Surabaya jadi masih malu malu (in).
Tapi sepertinya acara bukber pada waktu itu sangat menyenangkan, karena bukber bersama kakak kelas dan juniornya yang masih pendatang baru.
5. Nahhhhh!! Aku nggak sabar ingin cerita ke kalian tentang event terbesar sepanjang sejarah PENITI ini. Tepatnya pada tanggal 9 September 2013 , yaituuuu… Launching Mozilla Web Maker with Mark Surman!!! YahoooOOo.. di event kali ini pastilah aku ikut serta, jadi aku bisa cerita panjang lebara di artikelku ini.
Nah, di event kali ini Mozilla mengadakan launching bareng anak sekolah lebih tepatnya promosi juga sihh ‘_’ karena Mozilla punya aplikasi baru yaitu Mozilla Web Maker. Nah di launching ini kita diberitau apa sih web maker itu dan mendalami tentang website yang bernama Mozilla itu sendiri, jadi kita nggak sekedar tau kalau Mozilla itu gambarnya ada hewan serigala dan bumi sebagai bantalnya, hahaha. Dan menjelaskna fungsi web maker itu sendiri. Di sini kita dibimbing langsung oleh direktur Mozilla itu sendiri yaitu Mr. Mark Surman dan kru Mozilla di Indonesia yang mewakili setiap kota (aku lupa kotanya apa saja) juga hadir dalam acara tersebut dan membimbing kita jika terdapat kesulitan saat mengerjakan web maker. Waktu itu kita juga diberi makan siang gratis loh ^ ^ *gak penting banget*
Nah berikut ini adalah dokumentasi fotonya
 
Ini adalah Mark Surman

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top